Komunikasi Data

KLIK -->

6/recent/ticker-posts

Komunikasi Data



Komunikasi Data

- Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet.

- BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI DATA
Sistem Komunikasi Off-Line
Off-line communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit).


Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas komunikasi. Peralatan terminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper tape,dan lain-lain.
Jalur Komunikasi
Jalur komunikasi adalah fasilitas komunikasi yang sering digunakan, seperti telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.

Modem adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.
Sistem komputer
Komputer merupakan perangkat utama untuk pemrosesan data yang akan menerima input data dari setiap terminal dan menghasilkan output yang berupa informasi yang diinginkan oleh pengguna sistem.

Sistem komunikasi ON-Line

Berbeda dengan system komunikasi offline, pada system komunikasi on-line ini data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU.

- Aplikasi dari Komunikasi Data
   1. Surat Elektronik
   2. Bank Teller Terminal (ATM)
   3. Credit Cheking System
   4. Hotel reservation System
   5. Travic Control System
   6. Police Emergency System
   7. Airline Seat Reservation System


Karakteristik Dari Komunikasi
1.      Komunikasi memerlukan sedikitnya dua orang.
2.      Hubungan yang terbentuk merupakan hasil kegiatan komunikasi
3.      Komunikasi terjadi secara kontinu dan berulang-ulang
4.      Seseorang yang melakukan komunikasi, melakukan pertukaran pesan secara verbal dan          non verbal.
5.      Komunikasi verbal dan non verbal berlangsung simultan
6.      Seseorang yang melakukan komunikasi berespons terhadap pesan yang mereka dapat.
7.      Pesan yang diterima (oleh komunikan) tidak selalu sama dengan arti pesan yang di                    maksud sebelumnya (oleh komunikator) atau seperti yang diharapkan komunikator.
8.      Pertukaran pesan memerlukan pengetahuan 
9.      Pengalaman masa lalu mempengaruhi pengiriman pesan dan interpretasi pesan oleh                penerima pesan dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu.

10.  Komunikasi dipengaruhi oleh cara seseorang menilai dirinya sendiri dan oleh materi yang        dikomunikasikan.

Komunikasi Suara :
Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan.
Contoh dari komunikasi suara adalah :
1.     Komunikasi siaran radio / radio broadcasting Informasi dipancarkan ke segala arah dan siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang dikirimkan bersifat umum. Contoh : Radio RRI
2.     Komunikasi radio amatir Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI
3.     Komunikasi radio 2 arah Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran / frequensi / gelombang yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh : Handy-talky
4.     Komunikasi radio antar penduduk / citizen band Hubungan komunikasi bersifat pribadi, jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena semua pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom

5.     Komunikasi radio panggil / paging system Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : Pager f. Komunikasi telpon Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial, Handphone.

Komunikasi Gambar
Komunikas yang berupa gambar/vidio yang penggunaannya melalui media penggambaran dan hanya bisa dibaca oleh pengliatan. seperti Televisi .

Post a Comment

0 Comments