BAB 1
Microsoft
Word
Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program
aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan
teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua
lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk
aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir
semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.
Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di
dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangannya
.
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
Fungsi utama dari microsoft word adalah
membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word
memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu
user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait
kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.
fungsi dari ms word pun tidak hanya terbatas
pada pengolahan kata. Tabel dalam word juga bisa digunakan untuk olah
angka meski tak sekomplit di ms excel.
Manfaat Microsoft Word
A. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
A. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
Dengan aplikasi ms word kita sangat
terbantu untuk menuntaskan semua pekerjaan tidak bisa dibantah lagi.
mulai dari sekedar iseng nulis, hitung tabel, sampai membuat gambar bisa kita
lakukan di Ms. Contoh kecil saja, di ms word kita bisa membuat garis dengan
beraneka ragam pilihan hanya dengan 1 atau 2 kali klick mouse.
B. Menghemat Waktu
Sudah jelas sekali dengan adanya
komputer dalam kasus ini program ms word bisa menghemat waktu. Bayangkan saja jika anda ingin mencetak
undangan yang sama dalam jumlah banyak dengan hanya menggunakan mesin ketik.
Bisa berhari-hari selesainya. Kalu dengan ms word kita bisa menggunakan copy
paste atau mail merge untuk membuat surat massal.
Sejarah panjang
perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan
fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu
aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi
tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata.
Setelah populer dengan Microsoft Office
3.0, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95
bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistemoperasi Microsoft Windows 95.
Pada sistem operasi ini Microsoft merombak totalWindows versi 3.1
dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikandalam
sejarah sistem operais PC saat itu.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft
sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini
masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran. Beberapa versi dari
Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft
Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.Pada
kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003masih
belum tersentuh oleh pemakainya.
MICROSOFT WORD 2007
MS. Word 2007
merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil
lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai
standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon
adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi
tampilan menu.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word
2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool.
Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar
(Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Tampilan Jendela MS Word 2007
|
BAB 2
Microsoft Exel
A. Pengertian
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
B. Fungsi Dasar
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
B. Fungsi Dasar
Exel berfungsi untuk proram lembar kerja,yang dimana
di dalamnya tuh berfungsi untuk perhitungan,dan juga exsel adalah aplikasi
pengolahan tabel,
Anda pasti tahu kegunaan masing-masing dari microsoft,misal microsoft word berfungsi untuk pengolahan kata,sedangkan exel untuk pengolahan tabel,dan scces untuk pendolahan data.
kalo masih lum paham kamu baca aj buku pelajaran komputer pasti ada deh penjelasan dari kegunaan masing-masing microsoft itu sendiri.
Anda pasti tahu kegunaan masing-masing dari microsoft,misal microsoft word berfungsi untuk pengolahan kata,sedangkan exel untuk pengolahan tabel,dan scces untuk pendolahan data.
kalo masih lum paham kamu baca aj buku pelajaran komputer pasti ada deh penjelasan dari kegunaan masing-masing microsoft itu sendiri.
materi referensi:
Fungsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula "=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10". Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana"=SUM(D1:D10)". Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawah
=SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
=COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
=MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
=MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
=AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
=ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
=SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negative
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
=IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb. Jika nilai rata-rata siswa lebih
besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17
tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11) 26887 hari
=VLOOKUP
Fungsinya :Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum:=VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num ; Range_lookup)
=HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value;
table_array ; Col_index_num ; Range_lookup)
=LEFT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) hasilnya Feb
=RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =RIGHT(F17;3) hasilnya ari
=MID(…;…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
Sejarah
Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain). Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows).
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain). Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows).
0 Comments